Minggu, 17 Juli 2011

Keunggulan IPad iOS Operating System

iOS sebagai sistem operasi yang digunakan pada salah satu produk unggulan Apple, apa saja keunggulan iOS? Bagaimana sejarah pengembangannya? dan apa saja fitur terbaru dari sistem operasi iOS ini?

Operating System(OS) IPad iOS tidak menggunakan operating system Mac OS, tapi IPad menggunakan operating system iOS, tipe yang sama dengan yang digunakan pada IPhone. Pada awal peluncuran IPad masih menggunakan iOS 3.2.2 yang tidak bisa bisa di jailbreak, masih lebih rendah dari IPhone 4 yang telah menggunakan operating system IOS 4, namun pada versi yang berikutnya IPad telah mengupgrade IPad dengan menggunakan iOS 4.
iOS 4 Apple Ipad
iOS yang belum lama muncul ini menurut Aditya Putra Sudarsana menggunakan basis dari Linux Debian, hal itu diketahui dari app untuk iOS yang menggunakan ekstensi .deb yang umumnya dibuat untuk di jalankan di system debian dan keturunannya, seperti Ubuntu.

Menurut Wikipedia sendiri pada awalnya iOS hanya digunakan sebagai OS untuk IPhone namun Apple memanfaatkannya sebagai OS untuk device-device mobile lainnya, yaitu iPod touch, iPad dan Apple TV. iOS yang menurut wikipedia adalah turunan dari Mac OS X miliki empat abstraction layer(untuk penyembunyain rinician implementasi) yaitu: Core OS layer, the Core Services layer, the Media layer, and the Cocoa Touch layer.

Hingga saat ini Apple telah meluncurkan iOS 5 yang baru saja diluncurkan pada tanggal 6 Juni 2011 kemarin, iOS 5 ini mengusung teknologi baru yaitu iCloud dan Notification center serta penyempurnaan pada aplikasi kamera. Bukan itu saja, iOS5 ini juga fitur-fitur baru seperti reminder dan Newstand yang menyerupai aplikasi Folder dan iBooks, aplikasi iMessage juga disematkan pada iOS 5 ini yang memungkin sesama pengguna perangkat mobile keluaran Apple dapat saling ber-cahtting ria. Operating system terbaru Apple ini diklaim memiliki lebih dari 200 fitur baru dibandingkan versi iOS sebelumnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar